HomePernikahan10 Tindakan Suami yang Memotivasi Istri
source : caraberhijab.net

10 Tindakan Suami yang Memotivasi Istri

Pernikahan 0 0 likes 417 views share

Dalam kehidupan sehari-hari, pasangan suami istri selalu saling memberikan pengaruh, baik positif maupun negatif. Situasi dan kondisi kejiwaan suami bisa sangat dipengaruhi oleh sikap istri terhadapnya, sebagaimana situasi dan kondisi kejiwaan istri bisa sangat dipengaruhi oleh sikap suami terhadapnya. Perasaan mereka saling terhubung dan menyambung sehingga selalu memberikan dampak bagi yang lainnya. Seorang istri bisa mengalami hari-hari buruk karena sikap suami yang tidak positif terhadap dirinya. Untuk itu semestinya pasangan suami istri selalu berusaha melakukan hal terbaik bagi pasangan agar hanya memberikan pengaruh positif dalam kehidupan.

1. Membantu Kerepotan Istri Tanpa Diminta
Dalam tradisi masyarakat kita, istri identik dengan penunaian tugas-tugas domestik. Hampir bisa dipastikan sebagian besar pekerjaan kerumahtanggaan ditangani oleh istri. Kondisi ini menyebabkan istri menghadapi kesibukan dan kerepotan tinggi, terutama bagi istri yang bekerja profesional di luar rumah. Akan sangat membahagianakan istri, apabila suami bersedia membantu meringankan kerepotan istri tanpa harus diminta. Suami bisa mengambil alih beberapa pekerjaan rumah tangga. Bantuan kecil dan sederhana seperti ini akan memberikan kenyamanan perasaan pada istri, sehingga memberikan motivasi yang sangat berarti bagi istri.

2. Mencukupi Kebutuhannya
Salah satu kewajiban suami adalah mencukupi kebutuhan keluarga. Tentu saja tidak cukup kebutuhan lahiriyah seperti nafkah, sandang, papan dan pangan. Namun juga kebutuhan jiwa seperti kebutuhan untuk dicintai, disayangi, diperhatikan, dimengerti dan dihargai.

3. Menjaga Perasaannya
Perempuan adalah makhluk yang sangat peka dan lembut perasaannya. Menjaga hati dan perasaan istri ibarat membawa gelas dari kaca yang mudah retak serta pecah. Istri yang selalu diperlakukan dengan baik oleh suami, dimuliakan oleh suami, membuat semangat dan gairah dalam kehidupannya.

4. Memuji Keadaan dan Kebaikannya
Perempuan adalah makhluk yang sangat tersanjung dengan pujian. Perasaan istri akan sangat berbahagia, jika suami terbiasa memberikan pujian kepada dirinya. Tentu saja pujian harus didasari dengan hati yang tulus, sehingga benar-benar hal itu dirasakan sebagai pujian oleh istri. Bukan dirasakan sebagai sindiran apalagi ejekan.

5. Membimbingnya dengan Kelembutan
Di antara kewajiban suami adalah membimbing dan mengarahkan istri untuk bersama-sama menggapai surga dunia dan akhirat. Sebagai pemimpin dalam keluarga, suami wajib memberikan bimbingan dan arahan kepada istri, agar ia menjadi istri serta ibu yang salihah. Dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada istri, hendaknya dilakukan dengan kelembutan. Jika istri melakukan kelalaian, nasihatilah dengan bijak.

6. Tidak Mentelantarkannya
Suami berkewajiban melindungi, mengayomi dan menjaga istri. Tidak boleh mentelantarkan, mendiamkan, membiarkan atau meninggalkan istri begitu saja. Jika ada hal yang tidak disenangi suami dari diri atau perbuatan istri, sampaikanlah dengan cara yang baik. Jangan hanya didiamkan atau dibiarkan. Tindakan mendiamkan atau membiarkan istri seperti ini adalah tindakan mentelantarkan.

7. Memuliakan Keluarganya
Hidup berumah tangga bukan hanya urusan antara seorang suami dengan seorang istri. Namun melibatkan pula keluarga besar dari masing-masing pihak. Menyambung silaturahim, sekedar menelpon dan menyapa, rutin memberikan bantuan kepada orang tua istri, mudah membantu kesulitan keluarga besar istri, merupakan tindakan yang sangat membahagiakan hati istri.

8. Mendengarkan Curhatnya
Di antara hal yag membahagiakan hati istriadalah ketika suami bersedia mendengarkan curhat serta keluh kesahnya. Ketika istri tengah merasa sedih, ia memerlukan seseorang untuk berbagai kesedihannya. Demikian pula saat istri bahagia, ia memerlukan seseorang untuk berbagi kebahagiaannya.

9. Berlaku Romantis Kepadanya
Menjadi motivasi yang sangat berarti bagi istri, apabila suami mampu bersikap dan berlaku romantis kepadanya. Tindakan sederhana seperti mengucapkan “I love you” atau yang semacam itu, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi istri. Kencan yang sederhana seperti keliling kampung dengan sepeda motor, atau makan malam berdua di tempat favorit, menjadi momen yang sangat romantis bagi istri.

10. Selalu Mendoakannya
Suami jangan lupa untuk selalu mendoakan istri. Doakan untuk kebaikannya dunia dan akhirat. Sebagaimana kita tahu doa adalah senjata dan kekuatan hamba. Ada banyak hal yang tidak bisa didapatkan manusia dalam kehidupan hanya dengan mengandalkan kekuatan dan kemampuan dirinya sendiri. Manusia sesungguhnya sangat lemah, maka yang bisa menguatkannya adalah doa. Memohon kebaikan kepada Allah untuk urusan dunia dan akhirat.

Demikianlah sepuluh tindakan suami yang mampu meningkatkan motivasi istri dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Jika istri memiliki motivasi yang tinggi, ia akan produktif dalam kehidupan. Istri selalu bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari, karena memiliki suami yang pandai memotivasi.