HomePernikahan4 Kunci Kebahagiaan Rumah Tangga
29sept

4 Kunci Kebahagiaan Rumah Tangga

Pernikahan 0 6 likes 1.2K views share

 4 KUNCI KEBAHAGIAAN RUMAH TANGGA

oleh : Ummu Rochimah

 

Pasangan suami istri adalah dua orang yang berjanji untuk saling mencintai dan menyayangi sepanjang kehidupan mereka berdua. Dalam Islam tidak dibenarkan adanya suatu pernikahan yang bertujuan untuk menyakiti atau melukai hati pasangnnya.

Setiap pasangan yang menikah, salah satu harapan terbesarnya adalah menjadikan pernikahan tersebut sebagai pernikahan yang pertama dan terakhir bagi mereka. Untuk itu, diperlukan komitmen yang kuat di antara keduanya agar hubungan dapat berjalan dengan baik dan selalu menyenangkan. Walaupun  tidak ada jaminan juga bahwa pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan baik sepanjang waktu. Tapi, bukankah segala hal dapat diusahakan?

Harapan terbesar dari dua orang yang saling berjanji untuk mengarungi kehidupan bersama-sama adalah hadirnya kebahagiaan dalam rumah tangganya. Kebahagiaan hidup berumah tangga merupakan salah satu faktor yang menunjukkan keberhasilan sebuah rumah tangga. Karena itu kebahagiaan pasangan suami istri harus senantiasa dijadikan prioritas dalam setiap aktifitas rumah tangga.

Kebahagian ini tidak serta merta muncul begitu saja dalam kehidupan keduanya. Kebahagiaan ini haruslah diupayakan secara maksimal oleh mereka berdua, tidak dapat dilakukan hanya oleh salah satu dari mereka.

Namun perjalanan kehidupan berumah tangga yang sangat berliku, terkadang mendatangkan ketidak bahagiaan bagi pasangan suami istri, ada di antara suami istri terlalu fokus pada pencapaian materi, seperti pekerjaan, rumah, kendaraan dan sebagainya. Sehingga melupakan sisi psikis berupa kebahagiaan dari keduanya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan kebahagiaan bagi pasangan suami istri dalam perjalanan pernikahan, di antaranya seperti beberapa hal di bawah ini

 

Jatuh Cinta Pada Pasangan Setiap Hari

Hubungan cinta bagi suami istri yang baru saja menikah dengan yang sudah bertahun-tahun menjalani pernikahan tentu saja berbeda. Pasangan yang baru saja menikah lebih mudah untuk merasakan jatuh cinta setiap hari, karena semua masih terlihat indah dan stok maaf dan permaklumam masih besar. Awal-awal pernikahan merupakan masa-masa romantis yang banyak diisi dengan kegiatan-kegiatan kebersamaan selagi belum anak.

Namun berbeda rasanya bila pernikahan sudah melewati bilangan tahun, hidup bersama selama 24 jam sepanjang tahun. Semua sifat dan karakter asli pasangan sudah nampak secara utuh, maka tidak mustahil getar-getar cinta boleh jadi sudah tidak sebesar di awal-awal pernikahan. Rutinitas rumah tangga dan pekerjaan yang dihadapi setiap hari dapat mengurangi bahkan menghilangkan getar-getar tersebut. Karena itulah perlunya pasangan suami istri untuk mempersiapkan diri agar dapat jatuh cinta setiap hari kepada pasangannya. Karena hal ini dapat memperkuat perasaan cinta dan sayang di antara keduanya. Cari dan terus pertahankan faktor-faktor yang dapat membuat seorang suami atau istri dapat mencintai pasangannya.

 

Selain Cinta, Pernikahan Itu Butuh Komitmen

Saat seseorang memutuskan untuk menikah, maka ia harus memahami bahwa cinta saja tidak cukup untuk mempertahankan pernikahan. Bahwa dalam sebuah pernikahan itu harus ada komitmen. Komitmen bersama antara suami istri harus dibuat sejak awal pernikahan. Mereka harus memiliki tujuan dan kesepakatan bersama dalam membangun rumah tangganya. Hal ini perlu dilakukan karena perjalanan pernikahan tidaklah selamanya indah, terkadang akan bertemu dengan rintangan-rintangan, mulai dari yang sifatnya ringan hingga rintangan yang berat bagi keduanya. Tentu tidak mudah untuk melaluinya tanpa kekuatan komitmen bersama.

Bila dalam perjalanan pernikahan menemui hambatan dan ujian, maka duduk bersama dan mengingat kembali kepada komitmen awal dapat membantu mengembalikan kehidupan pernikahan. Saling menguatkan pasangan untuk tetap berpegang pada komitmen awal dalam segala kondisi yang ditemui.

 

Saling Mendukung

Untuk dapat hidup bersama pasangan selamanya, maka saling mendukung adalah salah satu kunci lain dalam kebahagiaan kehidupan pernikanan. Saat pasangan sedang berada di bawah dan terjatuh, suami atau istri tidak boleh meninggalkannya justru harus menguatkan dan mendukungnya. Belajar memahami apa yang sedang dialami oleh pasangan dan mengerti apa diinginkan dan dibutuhkannya.

Hubungan suami istri itu adalah hubungan saling, bukan sepihak. Maka berjuang bersama dan saling mendukung akan menguatkan hubungan keduanya. Tidak boleh ada pihak yang berusaha sekuat tenaga membangun hubungan sementara pihak lain tanpa usaha sama sekali. Bila ini yang terjadi, maka tidak akan diperoleh hasil yang baik dalam proses perjalanan pernikahan. Kedua pihak, suami dan istri harus sama-sama berusaha semaksimal mungkin agar tercipta hubungan yang harmonis di antara keduanya.

 

Saling Percaya

Saat seseorang percaya dengan orang lain maka ia akan dengan mudah mencintainya. Salah satu kunci  dalam menjalin hubungan pernikahan adalah saling percaya. Terlebih bagi mereka yang secara terpaksa harus menjalani long distance marriage atau hidup berjauhan antara suami dengan istri dikarenakan suatu hal. Namun demikian bagi mereka yang setiap waktu bertemu pun butuh  saling mempercayai untuk menguatkan cinta di antara keduanya.

Tak ada satupun pernikahan tanpa mengalami suatu permasalahan. Bila dihadapkan pada suatu masalah, sebaiknya segera diselesaikan permasalahan tersebut, jangan lakukan pembiaran terhadap suatu masalah, jangan menuruti ego pribadi, merasa benar dan menyalahkan orang lain. Pasangan suami istri yang selalu berusaha memecahkan setiap permasalahan rumah tangganya secara bersama-sama dapat menumbuhkan rasa saling percaya satu sama lain

 

Inilah kunci kebahagiaan dalam rumah tangga. Saat berada di sebuah persimpangan jalan dan tak tahu jalan yang akan ditempuh, cobalah untuk mengingat kembali perjuangan bersama dengan pasangan hingga berada pada hubungan saat ini. Jangan pernah menyerah untuk menciptakan kebahagiaan dalam hidup berumah tangga.

 

Setiabudi, 29 September 2017