HomeKesehatan5 Resep Smoothies Sesuai Kebutuhan Tubuh
pexels-photo-109341

5 Resep Smoothies Sesuai Kebutuhan Tubuh

Kesehatan 0 0 likes 345 views share

Oleh: Indra Pramesti*

Hidup yang sehat adalah impian setiap orang.  Dengan hidup sehat, orang akan dapat menikmati rutinitas yang mereka lakukan. Orang-orang yang gencar melakukan hidup sehat bisa mengeluarkan banyak uang demi impiannya mendapatkan tubuh yang mereka impikan. Tapi tahukah Anda, bahwa  hidup sehat dapat diterapkan dengan kebiasaan sederhana, yakni dengan memanfaatkan buah dan sayur yang dengan mudah kita dapatkan di pasar. Salah satunya dapat diolah menjadi racikan smoothies.

Smoothies masih menjadi salah satu trend hidup sehat. Selain menyegarkan dan menyehatkan, manfaat smoothies ini juga tidak terbantahkan untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa resep smoothies sesuai kebutuhan tubuh kita.

1. Antioksidan

Kapan Anda membutuhkan antioksidan? Jawaban paling sederhana adalah ketika Anda sudah mulai malas untuk melakukan aktivitas sehari-hri. Itu berarti di dalam tubuh kita sedang mengendap banyak toksin atau racun tubuh.

Anda cukup meyiapkan 3 sendok makan air, 1 bungkus teh hijau, 1 sendok teh madu, 1 ½ cup blueberries, pisang ½ buah, dan ¾ cup susu kedelai. Lalu blender.

Teh hijau dipercaya sebagai salah satu bahan yang paling ampuh untuk melawan toksin dalam tubuh. Tidak hanya itu, teh hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman fungsi otak, mengurangi lemak, dan menurunkan resiko kanker. Madu juga dipercaya sebagai antioksidan dan membantu resiko serangan jantung. Susu kedelai juga baik untuk membakar lemak dan mengurangi resiko osteoporosis.

2. Stomach Soother

Kapan Anda membutuhkan stomach soother ? Dari judulnya sudah jukup menjelaskan, Stomach Soother berarti yang berhubungan dengan perut. Kalau Anda memiliki masalah dengan perut seperti nafsu makan kurang, perut mulas, maag, ataupun mual, smoothies ini bisa menjadi salah satu obatnya.

Anda cukup menyiapkan 1 buah pisang, ¾ cup yogurt, 1 sendok makan madu, 1 sendok teh jahe parut, dan sedikit ekstrak vanilla. Lalu blender.

Buah pisang dipercaya dapat menambah nutrisi yang baik untuk kerja jantung dan juga vitamin untuk mata. Yoghurt juga dapat menjadi salah satu bahan yang kaya nutrisi, kalsium dan vitamin seperti vitamin B2 dan B12, potassium dan magnesium.

3. Weight Loss

Kapan Anda membutuhkan weight loss? Adalah ketika Anda sudah merasa berat badan melebihi berat badan normal. Diet ternyata juga bisa dibuat sangat menyenangkan dengan smoothies yang manis, segar serta menyehatkan ini. Tapi jangan lupa untuk mengimbanginya dengan work-out/latihan fisik.

Anda cukup menyiapkan 1 ikat bayam, 1 buah pisang, 1 cup susu almond, ½ sendok teh ekstrak vanilla, 2 sendok makan bubuk cokelat, 3 sendok makan biji chia. Lalu blender bersamaan.

Bayam dipercaya sebagai sumber vitamin A, B2, C, K dan mengandung magnesium, mangan, folat, zat besi, kalsium dan potassium. Susu almond juga menjadi salah satu cara mengurangi lemak pada susu hewani. Susu almond ini mengandung vitamin C, vitamin B6, thiamin, folat dan vitamin E.

4. The Energizer

Kapan Anda membutuhkan the energizer? Smoothie ini paling cocok untuk Anda yang ingin melakukan rutinitas seharian penuh dan tetap berenergi.

Anda cukup menyiapkan ½ buah mangga, ½ buah pisang, ½ cup blueberries, 2 sendok makan chia seeds, 1 sendok makan madu, 2 sendok makan yogurt, dan es batu. Lalu blender.

Buah blueberry mengandung serat, potassium, vitamin C, dan vitamin B6, serta rendah kalori. Serat dalam buah ini bermanfaat untuk mengurangi resiko serangan jantung. Biji chia juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi asupan zat tepung dan gula yang berlebihan dalam tubuh. Selain iu, biji chia juga mengandung serat, proten, dan omega 3.

5. Protein Power

Kapan Anda membutuhkan protein power? Protein Power ini sangat banyak manfaatnya. Selain sebagai energy booster, smoothie ini dapat mengurangi berat badan juga.

Anda cukup menyiapkan 1 buah pisang, 10 buah cherry, 1 sendok makan yogurt, 4 buah kacang walnut, 1 scoop vanilla protein powder, dan es batu.

*Penulis adalah seorang pengajar yang tertarik dengan isu pendidikan, bahasa dan seni kreatif, serta gender. Sekali waktu dapat ditemui di pramestey.tumblr.com.