HomePernikahanCara Suami Mendapatkan Poin dari Isteri
0a06552a9afa6f542641b07530b3afd4

Cara Suami Mendapatkan Poin dari Isteri

Pernikahan 0 1 likes 156 views share

CARA SUAMI MENDAPATKAN POIN DARI ISTERI

 

Oleh : Ummu Rochimah

 

Sepasang suami isteri, Ahmad dan Laili sedang berada di ruang konseling. Mereka sedang berkonsultasi kepada seorang konsultan pernikahan mengenai kehidupan pernikahan mereka.

Laili yang sedang merasa kesal dan menggerutu, memulai pembicaraan. “Aku sudah banyak memberi untuk pernikahan ini dan banyak berbuat untuk suamiku, namun ia selalu tidak peduli dan hanya memikirkan pekerjaannya saja.”

Ahmad berkata: “Tetapi pekerjaan ini sumber kehidupan kami. Pekerjaan ini yang membantu kami mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk membeli rumah, membeli pakaian, makanan dan sebagainya. Seharusnya ia merasa bahagia karena semua kebutuhannya terpenuh, bukan sedih dan mengeluh terus menerus.”

Laili menjawab: “Aku tidak begitu peduli dengan semua itu. Yang terpenting bagiku adalah adanya cinta yang menyelimuti keluarga dan juga perhatian yang timbal balik.”

Ahmad berkata: “Kamu berbicara seolah-olah kamu telah memberi sesuatu yang banyak kepada keluarga daripada yang telah kuberikan.”

Laili menjawab: “Benar! Itu yang terjadi. Aku banyak memberi dan kulakukan terus menerus. Aku yang mencuci pakaian, menyiapkan makanan, membersihkan rumah dan lain-lain. Sedangkan kamu, pergi kerja lalu mendapatkan uang dan merasa sudah mencukupi semuanya dengan yang telah kamu lakukan. Setelah itu kamu berharap aku melakukan semua pekerjaan lainnya.”

Ahmad, suami Laili adalah seorang dokter yang tergolong sukses di salah satu rumah sakit. Pekerjaannya menyita banyak waktu dengan kompensasi yang ia terima berupa penghasilan yang sangat besar. Gajinya setiap bulan tidak hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka, bahkan dapat dikatakan berlebih. Namun ternyata hal itu tidak memberi kebahagiaan pada isterinya. Terlihat dari raut kesedihan dan penderitaan yang tampak dari mukanya setiap kali Ahmad pulang kerja.

Menurut pandangan Ahmad, gaji bulanan yang besar yang ia bawa setiap bulan dapat memberi poin yang besar bagi dirinya. Karena kebanyakan laki-laki akan merasa telah memberikan poin yang besar manakala ia sudah memberikan hadiah yang sangat berharga kepada isterinya. Seperti memberikan penghasilan yang besar untuk keluarga, membelikan rumah baru, kendaraan baru atau bepergian ke luar negeri.

Para suami menyangka bahwa jumlah poin yang tercatat sebagai kebaikan dirinya bergantung pada sesuatu yang diberikan dan dikorbankan untuk isterinya. Kemudian dengan dasar ini, suami yang mencintai isterinya akan berkonsentrasi untuk melakukan pekerjaaan besar dan berusaha memberikan hadiah yang sangat berharga untuk membahagiakan isterinya.

Wahai para suami, ketahuilah bahwa pendapat seperti ini tidak benar. Menurut para isteri, hadiah apapun, baik kecil maupun besar, murah atau mahal, semua itu hanya bernilai satu poin kebaikan.

Logika ini pasti dirasa aneh dan tidak masuk akal bagi kaum laki-laki atau para suami. Tetapi itulah kenyataan yang terjadi pada kaum perempuan atau isteri. Dan kebanyakan suami tidak mengetahui tentang hal ini.

Kebanyakan suami mengira bahwa bila ia memberikan hadiah yang nilainya kecil atau sepele kepada isterinya, maka poin yang akan ia dapat  hanyalah satu. Sementara, bila ia memberikan hadiah yang bernilai besar atau berharga mahal, maka ia akan mendapat poin yang banyak.

Inilah kesalahan para suami yang tidak mengetahui cara berpikir isteri dan caranya menghitung poin, maka ia akan berpikir untuk memberikan satu atau dua saja hadiah yang bernilai besar atau berharga, setelah itu merasa cukup dan bersantai-santai saja tidak perlu memberikan yang lainnya.

Padahal cara berpikir dan cara menghitung poin bagi isteri itu adalah apapun pekerjaan kecil yang dilakukan suami untuk membahagiakannya atau hadiah-hadiah kecil yang sepele dan murah yang diberikan suaminya mempunyai nilai yang sama pentingnya dengan pekerjaaan besar atau hadiah besar. Semua bernilai satu poin. Dengan kata lain, pemberian suami berupa setangkai bunga mawar akan bernilai sama dengan sebentuk berlian yang mahal harganya. Inilah kenyataan tentang tabiat isteri yang harus dipahami oleh para suami.

 

Hal Kecil yang Berdampak Besar

Dari pemahaman di atas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh suami untuk mendapatkan poin dalam jumlah besar tanpa harus mengeluarkan energi yang besar. Yaitu dengan cara membalikkan arah tujuan usaha dan perhatian yang ia keluarkan setiap hari.

Sebenarnya banyak sekali hal-hal kecil yang diketahui oleh suami bisa memberi dampak positif pada kejiwaan isterinya. Namun sayangnya mereka sering mengabaikan dan meremehkannya karena hanya berfokus pada hal-hal yang besar saja.

Sekiranya para suami tahu akan hal ini, tentu mereka tidak akan mengabaikannya dan mereka akan melakukannya dengan segera tanpa menunda-nunda. Pertimbangan bagi isteri dalam menilai kebaikan suami bukanlah pada ukuran dan harga suatu pemberian dari suami. Tetapi adalah seberapa banyak jumlah hal-hal baik atau hal-hal indah yang diberikan suami kepadanya. Bukan seberapa besar hadiah tersebut. Yang diinginkan seorang isteri adalah perhatian suami yang terus menerus.

Yang diperlukan suami untuk membahagiakan isterinya adalah dengan memahami apa yang dibutuhkan isteri, bukan yang menurutnya sesuai dan penting bagi perempuan. Kebutuhan isteri berbeda dengan kebutuhan suami, sehingga suami harus memperhatikan titik penting ini.

Kebutuhan isteri itu dapat diibaratkan tangki bahan bakar pada mobil. Agar mobil tersebut bisa berjalan, maka tangki ini tidak boleh berkurang isinya, ia harus terus menerus berada dalam kondisi penuh. Setiap kali bahan bakar berkurang maka kita harus memenuhinya kembali, demikian seterusnya. Rahasia agar tangki bahan bakar cinta isteri berada dalam kondisi selalu penuh adalah dengan suami melakukan hal-hal kecil secara terus menerus.

Dengan demikian, suami mendapatkan poin yang banyak seklai. Poin yang tidak terbayang sebelumnya oleh suami. Yang dengan itu isteri akan merasakan cinta yang besar dari suaminya dan ia akan merasa bahagia. Setelah itu akan akan siap untuk memberikan segala yang dibutuhkan oleh suaminya.

Beberapa contoh hal kecil yang dapat dilakukan suami untjuk mendapatkan poin dari isteri, antara lain :

  1. Ketika pulang dari bekerja, usahakan untuk segera menemui istri dan ungkapkan perasaan cinta, kasih sayang dan rindu kepadanya. Misalnya dengan kata-kata : “Abang kangen deh seharian ngga ketemu adek…” atau “Sepanjang jalan pulang yang teringat cuma Neng seorang…”
  2. Tanyakan keadaan hari ini dan apa yang terjadi hari ini selama ia tidak di rumah, barangkali ada peristiwa penting. Isteri akan sangat senang bila merasa bahwa ia dan perasaannya diperhatikan oleh suami. Misalnya: “Apa kabar cinta sore ini?”
  3. Membiasakan diri untuk mendengarkan isterinya dan menanyakan hal-hal yang menunjukkan perhatiannya. Bukan pertanyaan yang membuat isterinya menjadi benci dan emosional. “Mengapa wajah matahariku redup? Apa ada yang menyelimutinya?”
  4. Memberikan waktu khusus untuk isterinya yang tidak boleh diseling atau dipotong oleh masalah lain. Dalam waktu tersebut ia harus mencurahkan perhatiannya hanya kepada isterinya, tidak boleh mengalihkan perhatiannya untuk sesuatu yang lain, seperti memainkan gadget, menonton televisi, membaca koran atau yang lainnya.
  5. Memperlihatkan pandangan yang positrf kepada isterinya. Misalnya terhadap makanan yang disiapkan oleh isterinya. Sifat perempuan itu senang dipuji dan disanjung. Berikan pujian pada masakannya, sekalipun masakan itu tidak sesuai dengan seleranya. Pujian itu dapat membahagiakan isterinya dan akan mendorongnya untuk memeberi lebih banyak dari biasanya. “Hmm…masakan ummi seperti masakan master chef.”
  6. Ketika melihat isteri dalam keadaan gelisah, cemas, terlihat tanda-tanda jengkel atau marah, maka suami harus mendengarkan isterinya dan berusaha menolong dengan cara yang dipahami oleh perempuan, bukan dengan cara laki-laki.
  7. Hendaknya menoleh dan memandang isterinya ketika ia sedang berbicara, karena secara psikologis hal ini dapat menyenangkannya.
  8. Biasakanlah untuk mengucapkan kata-kata ajaib, “Tolong”, “Terima kasih”, dan “Maaf” kepada isterinya. “Mi, tolong buatkan teh untuk abi ya..?”, “Maaf ya sudah membuat adek jadi repot.” Atau “Terima kasih ya sayang untuk kopi panasnya.”

Inilah contoh hal-hal kecil dan sepele yang dapat memberi pengaruh yang menakjubkan bagi kehidupan isteri, dan ini juga merupakan bentuk perhatian suami kepada isteri. Bila suami melakukan hal-hal kecil tersebut maka ia akan bisa menjaga tangki cinta isterinya tetap penuh sehingga isterinya akan merasa dicintai oleh suami, dampaknya adalah ia akan merasa bahagia. Ketika isteri sudah merasa bahagia maka bersiaplah wahai suami untuk dibanjiri perasaan cinta yang penuh dan meluah dari isterinya.