HomeRuang KeluargaGlagah: Wisata Pantai yang Ramah Keluarga
glagah-jalankemanaccom

Glagah: Wisata Pantai yang Ramah Keluarga

Ruang Keluarga 0 0 likes 299 views share

Mengunjungi Pantai Glagah di wilayah Kabupaten Kulonprogo DIY, sesungguhnya sangat mengasyikkan untuk rekreasi keluarga. Mungkin bahkan Glagah bisa menjadi ikon Kulonprogo, karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota Wates. Bahkan dari kota Yogyakarta hanya sekitar 40 km yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Fasilitas jalan raya dari Yogyakarta menuju kota Wates sudah sangat bagus dan luas, sehingga perjalanan menjadi lancar.

Deburan ombak laut selatan yang ganas membuat suasana pantai tampak lebih menantang, meskipun sekaligus menunjukkan nilai bahayanya yang  lebih tinggi. Berbeda dengan pantai di wilayah Gunungkidul yang berpasir putih, di sini terhampar pasir besi hitam menghiasi sepanjang mata memandang.

Bagian pemecah ombak yang berupa beton-beton kokoh berserakan membuat keelokan tersendiri yang tidak dijumpai di pantai-pantai lainnya. Di bagian inilah pusat keindahan Pantai Glagah. Para pengunjung, khususnya anak-anak muda, betah berlama-lama di tempat ini untuk selfie. Tampak anak-anak muda bermain-main dengan asyik ke bagian beton-beton pemecah ombak yang bertebabaran di ujung jalan cor.

Ramah Keluarga

Di sepanjang Pantai Glagah, ada sangat banyak wahana tempat bermain yang ramah keluarga. Di sebelah pantai, terdapat beberapa ceruk laguna yang tidak terlalu dalam dan tidak berombak, sehingga cocok untuk berenang dan bermain bagi anak-anak. Di lokasi itu disediakan kapal kayu yang bisa disewa untuk berkeliling di laguna samping pantai. Ada juga bebek air kayuh yang bisa disewa untuk rekreasi dan olah raga keluarga, serta perahu kano kecil untuk bermain dayung bersama keluarga. Di laguna ini tempat rekreasi keluarga yang nyaman dan tidak membahayakan anak-anak.

Orang tua bisa ikut bermain bersama dengan anak-anak, berenang, bermain-main bola di arena laguna, bersepeda, olah raga joging, atau bahkan sekedar duduk-duduk dan tiduran di atas tikar yang disewakan oleh masyarakat sekitar. Jika tidak ikut bermain air di laguna bersama anak, orang tua bisa mengawasi anak-anak yang tengah bermain, sembari menikmati makan ikan bakar, ikan goreng, cha kangkung, sambal terasi, kepiting, udang dan lain sebagainya. Ada banyak restoran berada tidak jauh dari lokasi utama wisata pantai maupun laguna.

Bahkan untuk anak-anak balita, di beberapa tempat tersedia pula kolam renang mini air tawar yang bisa digunakan bermain-main tanpa  membahayakan mereka. Anak-anak balita bisa bermain air di kolam mini tersebut sambil menikmati lagu anak-anak yang diputar di wahana tersebut. Walau tidak terlalu luas, namun menyediakan pula bangku-bangku untuk tempat tunggu bagi orang-orang tua yang mengawasi anak-anak bermain air.

dok pribadi

dok. pribadi

Warung makan dan tempat jualan aneka jajanan serta asesoris dan oleh-oleh juga sangat komplet. Ini menambah daftar kenyamanan rekreasi bagi seluruh anggota keluarga. Makanan ringan yang disediakan sangat beragam, sejak dari olahan hasil sekitar pantai Glagah, seperti udang goreng, undur-undur goreng, rempeyek jingking, aneka gorengan, jagung bakar, aneka dodol dan manisan, aneka kue, berbagai minuman, semua tersedia komplit di lapak-lapak seputar pantai. Tidak khawatir kelaparan dan kehausan.

Kelapa muda sangat mudah dijumpai di sepanjang pantai, demikian pula buah semangka dan melon, dapat dibeli di berbagai tempat. Jika anda sudah lelah berjalan-jalan di sekitar pantai, atau lelah bermain di sekitar laguna, anda bisa duduk-duduk istirahat sambil menikmati es kelapa muda segar dan utuh, menikmati segarnya semangka pantai, sambil mencicipi aneka jajanan makanan ringan yang sangat komplit. Tentu saja tersedia aneka jenis minuman, semua selera keluarga terpenuhi di Pantai Glagah. Ada banyak pula penjual bakso, coimol dan siomay keliling menggunakan sepeda motor.

Jika Anda memerlukan pakaian ganti atau pakaian untuk bermain di air, sudah banyak tempat menjual celana pantai, kaus pantai, dan pakaian untuk  ganti jika anda kelupaan membawa dari rumah. Ada banyak tempat menyediakan toilet, kamar mandi, tempat bilas dan musholla. Di mushalla sudah disediakan pula mukena, sarung, sajadah bahkan mushaf Qur’an jika anda tidak membawanya dari rumah.

Tidak jauh dari lokasi pantai, Anda bisa mengunjungi kebun buah naga dan kebun buah semangka. Lahan parkir di Glagah sangat luas dan banyak pilihan. Bahkan sudah ada beberapa penginapan sederhana yang ada di sekitar pantai. Dari segi fasilitas sudah sangat komplit.

Sudah sangat banyak daerah di Indonesia yang berhasil menciptakan kawasan wisata baru, karena di daerah itu miskin potensi wisata. Di Glagah, sudah dianugerahi pantai yang sangat indah dan eksotis. Kewajiban kita hanya menata, mengelola, memperindah, menertibkan, membersihkan, menjaga dan melindungi, agar wisata Pantai Glagah semakin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing.

Terlebih menyambut kehadiran bandara internasional di wilayah Kulonprogo, sudah semestinya segera dilakukan pembenahan wilayah pantai Glagah. Menciptakan Glagah sebagai destinasi wisata internasional. Semoga.