HomeCurhat Nikah & Keluarga SakinahHubungan Tidak Pernah Langgeng
www.pinterest.comwww.pinterest.com

Hubungan Tidak Pernah Langgeng

Curhat Nikah & Keluarga Sakinah 0 0 likes 63 views share

Pertanyaan:

Saya mau bertanya, kenapa setiap dekat dengan ikhwan, hubungan kami tidak pernah langgeng. Selalu saja dia tergoda dengan akhawat lain; atau dia sudah menjalin hubungan dengan akhawat tapi berbohong dengan saya; dia bilang tidak dekat dengan siapapun. Tapi alhamdulillah sebelum melangkah Allah beri petunjuk, akhirnya ketahuan kalau dia berbohong. Padahal harapan saya dia yang nantinya bisa membawa saya ke jalan Allah.

Apakah ini pertanda dari Allah bahwa dia bukan yang terbaik buat saya? Apakah saya sebagai akhawat harus menunggu sampai jodoh datang dari Allah?

Jawaban :

Pertama dan paling utama, bersyukurlah kepada Allah bahwa Allah sudah memberikan petunjuk kepada anda tentang laki-laki yang berbohong tersebut. Allah sudah menyelamatkan anda dari laki-laki yang tidak bertanggung jawab. Bayangkan saja seandainya kebohongan dan ‘perselingkuhan’ dia baru terungkap setelah anda menikah, pasti akan sangat menyakitkan bagi anda. Tentu saja itu adalah petunjuk dari Allah bahwa dia bukan jodoh yang baik bagi anda. Buktinya, dia menikah dengan orang lain. Berarti dia adalah jodoh bagi orang lain tersebut.

Berikutnya, anda harus semakin berhati-hati dalam berinteraksi. Pilih lingkungan yang baik, agar interaksi selalu bertemu dengan orang-orang baik, dan bisa mendapatkan jodoh lelaki salih yang bisa menjadi imam bagi anda dan membimbing anda ke surga. Tentu saja anda berhak untuk proaktif, tidak hanya menunggu datangnya jodoh. Namun semua tetap dalam koridor yang dibenarkan syari’at, karena hanya dengan mentaati ajaranNya kita semua bisa bahagia.

Apakah perempuan harus pasrah menunggu, tentu tidak demikian. Perempuan boleh dan bisa melakukan usaha yang proaktif untuk mendapatkan jodoh, seperti dibolehkannya perempuan menawarkan diri kepada seorang lelaki salih, atau perempuan proaktif melamar seorang lelaki salih. Bisa juga melalui bantuan perantara untuk mencarikan suami, seperti melalui orang tua, saudara, kerabat, sahabat, maupun biro jodoh yang terpercaya.

Semoga Allah Ta’ala berikan petunjuk dan kemudahan dalam urusan kebaikan anda. Aamiin.

Selanjutnya silakan baca – http://keluarga.or.id/perempuan-boleh-menawarkan-diri-kepada-laki-laki-untuk-dinikahi/

 

****

Dijawab oleh : Cahyadi Takariawan — Konselor Keluarga di Jogja Family Center (JFC), Rumah Keluarga Indonesia (RKI) dan Direktur Wonderful Family Institute.