HomeCurhat Nikah & Keluarga SakinahIngin Pasangan Sehidup Sesurga
www.pinterest.com

Ingin Pasangan Sehidup Sesurga

Curhat Nikah & Keluarga Sakinah 0 0 likes 76 views share

Pertanyaan:

Saya seorang lelaki. Bagaimana caranya agar saya punya pasangan yang sehidup sesurga? Saya belum pernah pacaran, teman wanita belum ada. Saya sudah cukup umur dan cara taaruf belum pernah saya lakukan karena belum ada yang cocok.

Jawaban:

Alhamdulillah jika belum pernah pacaran dan pertahankanlah untuk tidak pernah pacaran hingga saatnya halal nanti. Setelah halal, maka lakukan pacaran sepuas hatimu, karena semua indah dan berpahala.

Untuk mendapatkan pasangan hidup ideal yang anda inginkan, mulailah dari membangun visi. Apakah si dia akan menjadi pasangan sehidup sesurga, salah satunya bisa anda ketahui dari kesamaan visi. Maka dalam proses mencari jodoh, ada tiga level visi yang perlu dipahami. Visi level pertama adalah visi pribadi dari seorang lelaki dan perempuan lajang. Sebelum menikah laki-laki dan perempuan lajang harus sudah memiliki visi hidup yang lurus dan jelas.

Visi level kedua, adalah proses mendialogkan visi saat bertemu di masa ta’aruf menjelang menikah. Seorang lelaki dan seorang perempuan lajang yang tengah berproses menuju gerbang pernikahan bertemu dalam sebuah proses ta’aruf, di situlah mereka berdua berbincang tentang visi keluarga yang akan mereka bangun bersama. Apabila mereka merasakan kecocokan dan kesepahaman tentang visi berumah tangga, maka ini menjadi pondasi yang kokoh untuk membangun keluarga sakinah mawadah warahmah.

Visi level ketiga, adalah proses memantapkan dan menginternalisasikan visi keluarga setelah mereka menikah. Hal ini untuk memastikan bahwa keluarga mereka akan selalu berada dalam bingkai visi yang sudah dibangun bersama.

Mempertemukan visi sejak sebelum menikah, merupakan bagian dari upaya untuk mendapatkan pasangan hidup yang bahagia bersama hingga ke surga. Bukan hanya teman bersenang-senang di dunia, namun kelak menjadi penyesalan di akhirat. Dengan kesamaan visi yang dibangun sejak dari level satu, akan lebih bisa memberikan pondasi kelurusan orientasi dalam kehidupan. Visi menjadi corak yang bisa digunakan untuk mengetahui berbagai hal pada diri masing-masing calon.

Selain visi, ciri bahwa ia adalah pasangan sehidup sesurga adalah apabila bersedia melalui semua proses menuju pernikahan dalam ketaatan kepada aturan Allah. Jika ia mentaati Allah dan Rasul, insyaallah akan bisa menjadi pendamping hidup anda sehidup sesurga. Namun jika mengajak anda melakukan hal yang melanggar ajaran agama, maka bagaimana akan berpikir tentang surga jika melakukan pelanggaran dan penyimpangan dari aturan Allah dan RasulNya.

Semoga Allah Ta’ala berikan petunjuk dan kemudahan dalam urusan kebaikan anda. Aamiin.

 

***

Dijawab oleh : Cahyadi Takariawan — Konselor Keluarga di Jogja Family Center (JFC), Rumah Keluarga Indonesia (RKI) dan Direktur Wonderful Family Institute.