HomeRuang KeluargaJangan Lakukan 4 Hal Ini Ketika Berlibur Dengan Keluarga!
family-591581_1280

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Ketika Berlibur Dengan Keluarga!

Ruang Keluarga 0 0 likes 343 views share

Salah satu family time yang ditunggu-tunggu sebuah keluarga adalah ketika berlibur bersama. Banyak keluarga yang benar-benar memanfaatkan liburan sekolah/libur akhir tahun untuk bepergian bersama-sama. Tentunya, yang diharapkan adalah suasana nyaman dan kebersamaan seluruh anggota keluarga.

Maka, jangan sampai mencederai kesempatan “bersenang-senang” bersama keluarga dengan hal-hal berikut.

Bertengkar Antara Suami-Istri

Perbedaan pendapat itu sangat mungkin, bahkan ketika agenda liburan bersama sekalipun. Namun alangkah baiknya jika suami/istri menekan ego masing-masing demi menjaga keceriaan liburan keluarga. Anak-anak pasti tidak ingin melihat/mendengar kedua orangtuanya berselisih pendapat hanya karena hal sepele.

Menuruti Semua Keinginan Anak

Ops! Inilah kesalahan yang seringkali dilakukan orangtua ketika berlibur bersama anak. Memang susah menolak keinginan anak yang ingin dibelikan ini itu, apalagi kalau anak memasang tampang memelas. Pun ketika sedang berlibur, dengan dalih tidak ingin membuat anak marah atau ngambek, seringkali orangtua mengiyakan semua keinginan anak.

Padahal tak semua keinginan anak harus dituruti. Hal ini bisa mempengaruhi pola pikir anak nantinya. Kalau terus dituruti, anak lama-kelamaan akan kehilangan daya saing dan membuat mereka temperamental, ujar Melissa Deuter,M.D, seorang psikolog anak.

Sebelum pergi berlibur, buatlah kesepakatan dengan anak apa yang boleh dan tidak boleh diminta dan apa konsekuensinya. Anak akan belajar memahami bahwa kebahagiaan tidak diukur dari apa yang mereka ingin dapatkan saja.

Mengungkit Kesalahan Anggota Keluarga

Saat sedang asyik-asyiknya bercanda, tiba-tiba keluar celetukan yang menyindir atau menyalahkan salah satu anggota keluarga.

“Kakak sih, kan sudah Ayah bilang hati-hati malah tidak menurut.”

“Seandainya saja Adik juara kelas, liburan kita nggak cuma ke sini aja.”

Dan celetukan bernada mengungkit kekurangan atau kesalahan anggota keluarga yang lain.

Apa yang terjadi?  Suasana yang kaku dan tidak enak akan muncul. Apalagi jika celetukan itu muncul dari orangtua, maka anak akan merasa bersalah dan canggung. Lebih parah lagi jika anak sampai ngambek atau marah. Suasana liburan yang seharusnya ceria justru

Sibuk Dengan Gadget

Waktu berlibur adalah waktu untuk family time, maka jangan sia-siakan kesempatan itu dengan terus menerus memegang gadget. Gadget dengan segala aplikasi dan pernak-perniknya memang memudahkan kita terhubung dengan dunia luar.  Anda bisa berkomunikasi dengan relasi kerja atau rekanan bisnis Anda. Akan tetapi jika gadget lebih diperhatikan ketimbang bercengkrama dengan anggota keluarga yang lain, maka sia-sialah kesempatan untuk mengeratkan kembali hubungan antar anggota keluarga.