HomeKesehatanJangan Lupa Minum Air Putih, Ya!
bottle-2032980_1280

Jangan Lupa Minum Air Putih, Ya!

Kesehatan 0 0 likes 360 views share

Oleh : Purwaningsih*

Satu hal yang seringkali kita lupakan saat kita disibukkan aktivitas adalah minum air putih. Terkadang dua gelas pun kita tidak sampai. Padahal minum air putih itu idealnya minimal 8 gelas per hari, lho. Air putih tidak hanya menghilangkan haus dan dahaga saja, tetapi banyak sekali manfaatnya terutama bagi tubuh kita.  Apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat air putih yang dirangkum dari beberapa tulisan.

1. Mencegah dehidrasi

Ketika beraktivitas maka secara otomatis tubuh kita akan mengeluarkan banyak cairan. Jika cairan tubuh berkurang maka akan mengakibatkan dehidrasi. Minum air putih adalah solusinya. Minum air putih yang cukup akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi karena kebutuhan akan cairan terpenuhi.

2. Menambah tenaga dan memulihkan stamina

Sel-sel tubuh memerlukan air untuk bekerja. Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) akan mengakibatkan tubuh kehilangan konsentrasi, mudah lelah dan cepat mengantuk. Ketika kekurangan cairan, tubuh mengalami penurunan volume darah sehingga jantung bekerja menjadi lebih keras dan organ tubuh lain bekerja kurang efektif. Minum air putih saat beraktifitas akan membantu kita lebih fokus dan tidak mudah lelah.

3. Membuat awet muda

Air putih dapat menjadikan kita selalu terlihat awet muda.Minum air putih di pagi hari sangat efektif khususnya untuk membuang racun tidak berguna di dalam tubuh. Racun tersebut akan dibuang melalui urin dan keringat kita. Sehingga tubuh kita akan menjadi lebih segar dan sehat sepanjang hari.

4. Menjaga kesehatan serta kecantikan kulit

Jika kita minum air putih secara cukup maka aliran darah dan nutrisi menjadi lancar, hal ini akan membuat kulit kita menjadi lebih sehat dan terlihat lebih muda. Air juga akan memperbaiki jaringan kulit serta melembabkannya.

5. Mengontrol berat tubuh

Bagi kita yang sedang diet, minum air putih yang cukup akan membantu melancarkan diet kita, karena air putih bisa membantu mengontrol berat tubuh. Sejak dahulu sudah banyak orang yang melakukan diet dengan cara banyak mengonsumsi air putih karena air putih merupakan minuman tanpa kalori. Sehingga dengan meminum lebih banyak bisa mengurangi kalori yang masuk dan menurunkan berat badan.Dengan meminum air putih sebelum makan, nafsu makan akan berkurang karena perut sudah kenyang. Selain itu air putih juga membantu membakar lemak serta mempercepat metabolisme tubuh.

6. Melancarkan pencernaan

Air putih akan membantu meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Kekurangan cairan bisa berakibat sembelit/susah buang air besar, karena usus menyerap air dari kotoran untuk berhidrasi sehingga hal ini membuat kotoran menjadi keras dan susahkeluar. Minum air putih yang cukup akan membantu tubuh mengolah makanan, membantu proses pencernaan, melancarkan pergerakan usus dan mempermudah buang air besar.

7. Mengeluarkan racun

Air bisa membantu membuang racun-racun di dalam tubuh melalui keringat dan urin. Air akan memecah dan melarutkan garam dan mineral yang ada pada urin. Sehingga tubuh menjadi segar dan sehat sepanjang hari.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Jika kebutuhan air putih terpenuhi maka kerja ginjal akan menjadi lebih ringan, sehingga ginjal juga akan lebih sehat.

9. Mengobati sakit kepala dan migrain

Ketika tubuh mengalami dehidrasi seringkali menyebabkan sakit kepala dan migrain, walaupun penyebab sakit kepala dan migrain tentu saja bukan hanya dehidrasi.Dengan mencukupi kebutuhan air untuk tubuh minimal kita telah mengurangi penyebab sakit kepala dan migrain.

10. Mengatur suhu tubuh

Jika kita beraktivitas atau berolahraga maka suhu tubuh kita akan meningkat dan berkeringat. Dengan meminum air putih maka suhu di tubuh akan kembali dinormalkan. Demikian juga ketika udara dingin kita tetap harus minum air putih, karena tubuh kita tetap kehilangan cairan.

11. Melindungi sendi dan tulang rawan

Tulang rawan manusia terdiri dari 85 persen. Air yang kita minum akan selalu menjaga tulang rawan di sekitar sendi selalu terhidrasi dan fleksibel sehingga membuat sendi-sendi kita terpelumasi dengan baik.

12. Mencegah bau mulut

Salah satu penyebab timbulnya bau mulut adalah karena kita kurang cairan. Dengan meminum air putih yang cukup maka akan menyebabkan mulut kita menjadi lembab serta membersihkan kotoran-kotoran sisa makanan di dalam mulut kita.

13. Menurunkan tingkat stress

Sebagian besar dari otak terdiri dari cairan.Jika kita mengalami dehidrasi maka tubuh dan pikiran kita bisa mengalami stress.Sehingga untuk mencegah stres akibat dehidrasi salah satu caranyaadalahdengan selalu minum air putih secara cukup.

Tiga belas poin di atas hanya beberapa contoh manfaat dari minum air putih karena tentunya masih banyak lagi manfaat lainnya. Intinya jangan pernah lupa untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air putih. Jika kita minum air putih secara cukup maka tubuh kita akan menjadi sehat  dantentunya segala aktivitas kita akan berjalan secara optimal.

 

*Penulis merupakan ibu rumah tangga sekaligus PNS yang suka menulis. Dapat ditemui di Twitter @pur_1ningsih atau Facebook purwaningsih.arisandi