HomeCurhat Nikah & Keluarga SakinahKetemu Calon di Media Sosial
www.pinterest.com

Ketemu Calon di Media Sosial

Curhat Nikah & Keluarga Sakinah 0 0 likes 46 views share

 

Pertanyaan:

Saya seorang akhwat. Bagaimana caranya meyakinkan diri sendiri terhadap seseorang yang sedang taaruf dengan kita namun belum pernah kenal sama sekali. Kami hanya sekedar tahu via medsos. Kami sudah bertukar CV dan menemukan kecocokan setelah membaca CVnya. Lalu bagaimana meyakinkan keluarga terutama orangtua terhadap laki-laki tersebut?

Jawaban:

Pertama kali, jika memang sudah saling cocok untuk menikah, segeralah dialogkan tentang calon tersebut kepada kedua orang tua masing-masing. Setelah orang tua setuju, segera membuat pertemuan untuk melakukan ta’aruf. Dalam ta’aruf ini, masih dibuka peluang seluas-luasnya untuk lanjut atau tidak lanjut, mengingat belum pernah bertemu sebelumnya. Baru sebatas mengenal di medsos dan ditindaklanjuti dengan CV yang sangat terbatas nilai informasinya.

Aturlah pertemuan ta’aruf, hingga kedua belah pihak benar-benar merasa mantap dan yakin untuk melanjutkan proses berikutnya menuju gerbang pernikahan. Dalam masa ta’aruf tersebut, perkuat dengan istikharah untuk mendapatkan petunjuk dari Allah Ta’ala. Apabila dalam proses ta’aruf tersebut tidak mendapatkan kemantapan, maka tidak mengapa apabila disepakati untuk tidak jadi melanjutkan ke proses berikutnya.

Bisa disertai dengan ikhtiar manusiawi lainnya, misalnya mencari informasi tentang ikhwan tersebut dari orang-orang yang mengenalnya, agar lebih mengenal kondisi si ikhwan dari persepsi orang-orang yang ada di sekitarnya. Dan yang sangat penting adalah selalu memohon petunjuk dan bimbingan kepada Allah melalui shalat istikharah dan doa-doa untuk mendapat keberkahan dalam memilih calon pasangan.

Semoga Allah Ta’ala berikan petunjuk dan kemudahan dalam urusan kebaikan anda. Aamiin.

Dijawab oleh : Cahyadi Takariawan — Konselor Keluarga di Jogja Family Center (JFC), Rumah Keluarga Indonesia (RKI) dan Direktur Wonderful Family Institute.