HomePernikahanLima Manfaat Cemburu bagi Diri dan Pasangan
heart

Lima Manfaat Cemburu bagi Diri dan Pasangan

Pernikahan 0 0 likes 232 views share

Allah menciptakan rasa cemburu dalam jiwa manusia, tentu memiliki hikmah di dalamnya. Pasangan suami dan istri yang saling mencintai, akan muncul rasa cemburu di antara mereka. Benar kata orang, cemburu adalah bagian dari tanda cinta. Ada sangat banyak tanda cinta, salah satunya adalah rasa cemburu. Jika pasangan suami istri tidak memiliki rasa cemburu sama sekali, artinya tidak ada sesuatu ikatan perasaan di antara mereka.

Atas dasar apa seorang suami mengaku cinta kepada istri, jika tidak ada rasa cemburu atas apapun yang dilakukan sang istri? Dan atas dasar apa seorang istri mengaku cinta kepada suami, jika tidak ada rasa cemburu atas apapun yang dilakukan sang suami? Cemburu adalah satu karunia yang indah dalam menjaga kebahagiaan dan keharmonisan hidup berumah tangga. Dengan perasaan cemburu, suami dan istri bisa saling menjaga diri serta pasangan. Maka perasaan cemburu kepada pasangan tidak selalu bernilai negatif. Yang bisa diharapkan kepada pasangan adalah, “Kamu jangan berlebihan mencemburui aku”, atau “Jangan cemburu buta”. Permintaan ini benar, karena segala sesuatu yang berlebihan pasti menjadi tidak baik.

Padahal, Sahabat, jika cemburu itu masih terhitung proporsional, ada banyak sekali manfaat cemburu bagi diri sendiri dan pasangan. Apa saja manfaat cemburu?

  1. Cara alami mengetahui kadar cinta dan kepedulian pasangan

Tatkala kita dicemburui pasangan, menunjukkan ia benar-benar mencintai kita. Demikian pula sebaliknya, tatkala kita merasakan cemburu terhadap pasangan. Cemburu menunjukkan rasa kepemilikan yang tinggi, yang tidak ingin diduakan, atau dinomorduakan, atau disisihkan, atau tidak diberi perhatian sesuai harapan. Maka keinginan “memiliki dan dimiliki” inilah yang memicu rasa cemburu. Tidak ingin suaminya dimiliki orang lain dan memiliki orang lain. Tidak ingin istrinya dimiliki orang lain dan memiliki orang lain

  1. Cara alami menjaga kebaikan diri dan pasangan

Cemburu adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam suatu hubungan. Ketika kita melihat pasangan kita tampak mesra berkomunikasi dengan orang lain, wajar jika kita merasa cemburu. Hal ini tidak salah, karena justru menujukkan bahwa kita benar-benar ingin menjaga kebaikannya.  Rasa cemburu ini yang akan mampu menjaga pasangan dari penyelewengan. Juga bisa menjaga diri kita sendiri agar tetap setia kepada pasangan.

  1. Cemburu mampu menguatkan hubungan dengan pasangan

Ketika cemburu hadir dalam hati, kita akan segera membicarakan dengan pasangan. Maka timbullah komunikasi untuk mengkonfirmasi perasaan kecemburuan yang timbul, tentunya dengan cara yang baik. Ketika perasaan cemburu berkembang dalam diri seseorang, seharusnya ia segera melakukan upaya perbaikan penampilan serta perbaikan pelayanan kepada pasangan, agar perhatian pasangan kembali sepenuhnya didapatkan. Usaha melakukan perbaikan penampilan dan pelayanan ini merupakan proses penguatan hubungan dengan pasangan, yang mungkin selama ini terabaikan akibat kesibukan yang menelan masing-masing.

  1. Cemburu menjadi sarana untuk mengetahui kepribadian kita

Perasaan cemburu bisa menunjukan kepribadian seseorang. Untuk mengetahui kondisi kepribadian kita, mulailah dengan bertanya kepada diri sendiri: mengapa cemburu, seberapa sering cemburu, untuk apa cemburu, sebab apa cemburu? Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membuat kita lebih mengenal karakter dan kepribadian kita sendiri. Sekaligus lebih mampu mengendalikan perasaan cemburu tersebut pada waktu yang akan datang.

  1. Cemburu menjadi motivasi untuk memperbaiki diri

Ketika kita tengah cemburu dan khawatir pasangan kita tertarik orang lain, bisa menjadi motivasi bagi diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi. Rasa cemburu dapat kita gunakan untuk meningkatkan usaha dan semangat dalam melakukan sesuatu yang lebih baik. Cemburu harus proporsional agar benar-benar memberikan manfaat yang baik bagi perjalanan kehidupan berumah tangga.