HomeKesehatanSarapan Tidak Harus Nasi! Yuk Coba Menu Lain!
food2

Sarapan Tidak Harus Nasi! Yuk Coba Menu Lain!

Kesehatan 0 0 likes 267 views share

Sudahkah anda sarapan hari ini? Kebiasaan orang Indonesia adalah baru bisa disebut makan jika sudah makan nasi. Sebanyak apapun makanan yang masuk dianggap tidak makan kalau belum makan nasi. Padahal ada makanan lain yang setara dengan nasi atau bahkan lebih sehat dari nasi. Apalagi untuk sarapan, ada beberapa makanan yang bisa Anda coba buat di rumah. Sehat, mudah, dan mengenyangkan!

1. Oatmeal
Gizi yang terkandung dalam oat ternyata cukup memenuhi kebutuhan tubuh setiap pagi. Dalam 100 gram oatmeal terdapat 5,1 gram serat dan protein sebanyak 16 gram. Untuk kebutuhan mengawali hari, nutrisi itu sudah mencukupi tubuh kita. Apalagi oatmeal mengandung antioksidan yang tentunya bisa melawan radikal bebas yang menyerang HDL (kolesterol baik).
Cara membuatnya pun mudah, Anda tinggal menuangkan 100 gram oatmeal instan ke dalam mangkuk. Tuang air hangat sebanyak 100ml. Sembari menanti matang, Anda bisa menambahkan topping seperti buah pisang, blueberry, atau apel. Sarapan oatmeal siap dihidangkan untuk keluarga.

2. Sandwich
Sandwich termasuk ide sarapan lain yang praktis dan menyehatkan. Anda bisa mengkreasikan isi sandwich sesuai dengan isi kulkas anda. Isi sandwich bisa bermacam-macam; telur, daging, sayuran hijau, tomat, mentimun, dan lain-lain. Semakin lengkap isinya, maka kandungan gizinya pun semakin lengkap pula.
Penyajiannya juga mudah. Anda hanya perlu menyiapkan apa yang ingin anda jadikan isi di dalam sandwich, dan tak lupa roti tawar sebagai cover sandwich.

3. Frenchtoast
Sudah pernah mencoba makanan yang satu ini? Ternyata membuatnya cukup mudah, lho! Anda hanya perlu menyiapkan roti tawar, telur, dan mentega. Potong roti tawar menjadi 2 bagian, bisa memanjang atau diagonal. Kocok telur bersama satu sendok makan susu kental manis, lalu celupkan roti tawar ke dalam telur. Goreng di atas teflon/wajan datar yang sudah diolesi dengan mentega sampai kecoklatan. Setelah matang bisa diberi topping seperti keju, selai, atau gula putih.

4. Kentang
Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang sama mengenyangkannya dengan nasi. Sehingga sudah cukup untuk memulai beraktivitas di awal hari. Anda bisa merebus atau mengukus kentang untuk sarapan dan dicampur dengan telur atau sayur.

5. Buah
Seperti yang kita tahu, buah mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh di pagi hari. Terlebih, buah lebih mudah dicerna dibandingkan dengan makanan lain. Anda bisa mengganti sarapan nasi dengan buah sesekali. Pisang, apel, semangka, alpukat adalah beberapa buah yang direkomendasikan untuk sarapan Anda.

Selamat mencoba!