HomePranikahSudah Siap Punya Bayi? Jawab 6 Pertanyaan Ini Dulu, dong!
mother-1039765_1280

Sudah Siap Punya Bayi? Jawab 6 Pertanyaan Ini Dulu, dong!

Pranikah 0 1 likes 3.8K views share

Dalam bayangan setiap wanita, memiliki anak akan terasa menyenangkan! Bayi kecil, lucu, menggemaskan yang tentunya menjadi harapan bagi kedua orangtuanya. Aktivitas apapun masih bisa dilakukan dengan anak dalam gendongan. Bersih-bersih, ke pasar membeli sayuran, atau bahkan ngobrol-ngobrol asyik dengan teman-teman.

Apakah seindah itu kenyataannya? Memiliki bayi, akan mengubah total ritme kehidupan anda sebelumnya dalam beberapa waktu. Bayi memang lucu dan menggemaskan, akan tetapi semua tentu berbeda kenyataannya ketika anda memiliki seorang bayi. Ada hal-hal yang tidak lagi bisa anda lakukan, dan juga hal-hal  yang justru harus anda lakukan.

Siapkah anda memiliki bayi? Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini mungkin akan membantu anda menemukan jawabannya.

1. Apakah anda siap waktu tidur menjadi berantakan?

Bayi tidak memiliki waktu tidur yang konsisten seperti orang dewasa. Apalagi bayi yang baru lahir, dia akan tidur dan bangun sewaktu-waktu. Bayi memang membutuhkan waktu tidur yang lama, sekitar 10-18 jam per hari. Akan tetapi waktu tidurnya tidak dalam satu atau dua kali, melainkan merata selama 24 jam.

Oleh karena bayi belum memiliki waktu konsisten kapan tidur dan bangun, maka sebagai seorang ibu haruslah sigap jika sewaktu-waktu bayi bangun dari tidurnya bahkan ketika malam hari! Waktu tidur anda otomatis akan berantakan dan baru bisa “lebih normal” lagi ketika anak anda sudah beranjak besar.

2. Bisakah menyiapkan seluruh perlengkapan keluar rumah dalam waktu singkat?

Mungkinkah anda berpergian bersama bayi tanpa membawa apa-apa? Sepertinya itu tidak mungkin, karena kebutuhan dan juga perlengkapan untuk si bayi sangatlah banyak. Popok, baju ganti, tissue basah, bedak, dan lain sebagainya. Maka, pasti butuh waktu yang lama untuk mempersiapkannya.

3. Apa anda siap dengan bau badan sepanjang hari?

Tidak seperti ketika lajang atau ketika belum mempunyai anak dimana anda bisa tampil menawan dimanapun dan kapanpun, memiliki bayi adalah kondisi yang sama sekali berbeda. Dengan bayi yang baru lahir, penampilan anda akan diwarnai bekas tumpahan asi, keringat, bahkan  bau kotoran. Mandi 2x sehari pun tidak cukup menghilangkan bebauan itu. Lalu bagaimana? Solusi termudah adalah menghilangkan bau-bau tersebut dengan tissue basah.

 

4. Apakah anda siap meninggalkan (sementara) hobi anda?

Membaca novel? Menonton serial tv/film? Kelihatannya seperti mudah saja, tetapi bayi anda membutuhkan perhatian anda jauh lebih besar daripada keinginan anda membaca novel. Anda harus bersiap-siap dengan kemungkinan ini. Waktu-waktu kosong ketika bayi tidur, bisa jadi menjadi kesempatan anda untuk  me-time. Tetapi bisa juga tidak.

5. Apa anda siap tidak bermain gadget?

Gadget? No! Bahkan anda tidak akan sempat mengecek mention atau pesan personal chatting ketika memiliki bayi. Sekali-kali anda masih bisa melakukannya, tetapi tidak sesering dulu. Anda harus membangun kedekatan dan  komunikasi lebih dengan anak daripada dengan gadget. Pengawasan terhadap anak juga akan menjadi prioritas anda.

6. Apakah anda siap “lupa hari”?

Memperhatikan bayi selama 24 jam nonstop bisa membuat anda lupa hari. Memperhatikan setiap detilnya, membuat anda terus melakukan sesuatu bahkan ketika bayi kecil  anda tertidur lelap.

Apakah pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat anda semakin yakin atau justru menyerah dan merasa tidak mampu? Anak adalah pelita cahaya kedua orangtua. Kepadanyalah anda menggantungkan harapan dan peradaban. Sehingga kekuatan dan keridhoan orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak tentu mempengaruhi kehidupan anak anda.

Pertanyaan tersebut bukan untuk mengecilkan niat anda, akan tetapi membantu anda mempersiapkan segala kemungkinan agar tidak tejebak pada stress atau depresi pada orangtua baru, yang biasa dikenal dengan baby blues atau postpartum syndrome.