HomeKesehatanSuka Es Krim? Hati-hati!
ic02

Suka Es Krim? Hati-hati!

Kesehatan 0 0 likes 366 views share

Siapa yang tidak suka es krim (ice cream)? Semua suka, bukan? Baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa juga suka es krim. Semakin lembut teksturnya, pasti semakin disukai. Warna dan rasa es krim yang beraneka macam bisa membuat hari-hari Anda lebih menyenangkan. Terlebih ketika sedang penat atau bosan, es krim menjadi salah satu pilihan untuk kembali menyegarkan pikiran.

Namun, sadarkah Anda? Es krim tidak selamanya bagus untuk tubuh. Terlebih jika Anda kecanduan es krim sehingga setiap hari harus makan setidaknya 1 scoop es krim.

Ternyata, ada kandungan dari es krim yang berbahaya. Apa saja?

1. Lemak
Es krim mengandung lemak susu yang 85% diantaranya adalah lemak jenuh. Jika terlalu banyak lemak jenuh masuk ke dalam tubuh, maka hal itu akan mengacaukan proporsi lemak jenuh dan yang tidak jenuh di dinding sel. Insulin yang disusun di dalam sel tidak bisa naik ke permukaan, sehingga sel memberi sinyal pada tubuh bahwa Anda kekurangan insulin. Anda merespon dengan lebih banyak memasukkan insulin, tetapi sel tetap tidak mampu menggunakannya.
Efek dari lemak yang berlebih adalah meningkatkan kolesterol darah dan membatasi aliran darah yang tepat ke seluruh organ dalam tubuh.

2. Gula
Kandungan gula dalam es krim ternyata memiliki dampak yang serius. Terlalu banyak gula yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan penurunan imunitas (kekebalan tubuh terhadap benda asing) dan meningkatkan resiko diabetes.

3. Kalsium
Kalsium memang memiliki manfaat yang krusial. Memperkuat tulang agar tidak mengalami pengeroposan merupakan salah satu diantaranya. tetapi terlalu banyak es krim yang mengandung kalsium mengakibatkan sembelit dan mual, hilangnya nafsu makan, sakit ginjal, haus yang berlebihan, apatis, dan bahkan depresi.

4. Adiktif
Dalam pembuatannya,es krim sering menggunakan emulsifier untuk mengacaukan lemak. Emulsifier mengandung beberapa zat yang bisa merusak tubuh. Efek samping dari penggunaan emulsifier adalah iritasi, pencernaan terganggu (sembelit), penurunan sistem kekebalan tubuh, gangguan reproduksi, meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker.

Suka makan eskrim tidak masalah, asal tetap memperhatikan porsi dan frekuensi makan es krim. Jangan sampai es krim justru menjadi bumerang bagi Anda.