HomeKeuanganSulit Kontrol Belanja Bulanan? Coba Trik Ini, Deh!
Woman shopping in supermarket, pushing trolley in aisle

Sulit Kontrol Belanja Bulanan? Coba Trik Ini, Deh!

Keuangan 0 1 likes 358 views share

Oleh: Giovani Rukmi*

Belanja bulanan, hampir sebagian besar ibu rumah tangga memiliki jadwal rutin berbelanja bulanan untuk membeli stok kebutuhan sehari-hari. Seringkali, hal ini merupakan kebiasaan yang paling ditunggu-tunggu setelah tanggal gajian tiba. Akan tetapi jika tidak diatur dengan baik, pengeluaran untuk aktivitas ini bisa “out of budget”. Berikut ini beberapa tips bagaimana berhemat saat berbelanja bulanan, khususnya bagi yang merasa belum dapat mengontrol pengeluaran.

1. Buatlah list barang belanjaan apa saja yang akan dibeli dan jadikan acuan dalam berbelanja.
Cara ini mungkin klasik, tapi sedikit banyak membantu mengontrol keinginan kita untuk tidak membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan selama berbelanja. Tanamkan dalam diri bahwa kita hanya akan membeli atau mengutamakan barang-barang apa saja yang ada dalam list untuk dibeli.

2. Makan terlebih dahulu sebelum berbelanja.
Hal ini dilakukan untuk mencegah keinginan untuk membeli makan pada saat berbelanja. Bukan tidak mungkin banyak tempat makan di sekitar tempat kita berbelanja memiliki harga yang cukup mahal karena tempatnya dekat dengan keramaian. Disamping itu, ternyata rasa lapar juga akan memicu kita untuk membeli bahan makanan yang sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan.

3. Pilih tempat belanja yang menawarkan harga termurah.
Salah satu yang bisa kita datangi adalah supermarket. Meskipun tidak selalu menjadi yang termurah untuk semua item barang, umumnya untuk item-item dalam kemasan kita dapat memperoleh harga lebih murah dibandingkan toko-toko serba ada lainnya. Hal ini biasa terjadi karena supermarket dapat membeli stok barang dalam jumlah besar.

4. Beli beberapa item lebih banyak saat sedang ada diskon.
Beberapa tempat belanja hampir tidak pernah absen dalam memberikan promosi dalam bentuk potongan harga atau beli 2 gratis 1. Gunakan kesempatan ini untuk membeli lebih banyak, karena hal ini akan menghemat pengeluaran dengan tidak perlu lagi membeli barang tersebut di bulan berikutnya.

5. Gunakan media sosial
Bertemanlah sebanyak mungkin dengan akun-akun sosial media tempat-tempat belanja yang akan memberikan kita update info seputar harga dan promosi-promosi yang mereka tawarkan. dengan begitu sebelum berbelanja kita sudah mendapatkan gambaran barang apa saja yang saat ini sedang dijual murah atau sedang diskon.

6. Pastikan harga yang tertera sesuai dengan barang yang akan kita beli.
Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila terdapat 2 item barang berbeda ukuran yang disusun berdekatan, tentunya memiliki harga yang berbeda. Jangan sampai kita terkecoh melihat harga barang dengan ukuran lebih kecil sementara kita mengambil barang yang lebih besar.

7. Saat berbelanja di supermarket atau di tempat dengan susunan rak yang banyak, pertimbangkan item di susunan atas hingga paling bawah, jangan hanya melihat di susunan bagian tengah saja. Umumnya item dengan harga tinggi disusun dalam jangkauan pandangan mata dan tempat yang mudah diraih. Jangan sungkan meminta tolong petugas apabila barang yang kita butuhkan berada di susunan yang tidak dapat kita jangkau.

8. Jika ada, pilih merk yang diproduksi sendiri oleh supermarket.
Tidak jarang supermarket mengeluarkan sendiri merknya untuk beberapa item seperti tissue. Barang merk sendiri ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan item-item yang diproduksi pabrik besar meski dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

9. Untuk bahan makanan mentah seperti sayur dan buah, belilah sayuran dan buah-buahan musiman. Karena kita bisa membeli buah yang sedang musim dengan harga 30-50% lebih murah dibandingkan saat tidak sedang musim

10. Untuk daging, ikan, ayam fillet, atau bahan-bahan yang dikemas dalam berat yang berbeda-beda, sebaiknya jangan hanya melihat harga yang tertera, tetapi bandingkan juga harga per unit nya.

ilustrasi: @thegoodshoppingguides

*Penulis adalah  seorang Research Assistant, yang dapat dihubungi melalui email giovani.rukmi@gmail.com dan line @giovanirukmi