HomeRuang KeluargaTiga Belas Tips Semakin Disayang Mertua
Ilustrasi: pixabay.com

Tiga Belas Tips Semakin Disayang Mertua

Ruang Keluarga 0 0 likes 609 views share

Oleh: Sri Awindarini*

“Kalau ke sini dia tidak pernah membawa oleh-oleh.

“Dia jarang menginap.”

“Kalau pas di sini, tidak pernah keluar. Di kamar saja.”

“Suaminya sekarang tidak di sini. Kembali ke rumah orang tuanya.”

 

Pernah mendengar kalimat seperti di atas? Saya pernah. Hal yang sebenarnya tidak baik itu sampai tersebar ke mana-mana. Banyak orang yang kemudian tahu cerita kurang baik antara ibu mertua dan menantunya. Ya, kalimat di atas adalah ungkapan kekecewaan antara mertua kepada menantunya.

Mengapa sampai ada ungkapan kekecewaan seperti itu? Begitulah pernik-pernik hubungan antara mertua dan menantu yang tak jarang diwarnai ketidakharmonisan. Rasanya tak ada hubungan antara menantu dan mertua yang mulus seratus persen. Tak ada. Pasti ada romantika yang bila tidak dewasa menyikapinya bisa berakibat tidak baik.

Lalu apa yang bisa dilakukan agar mertua semakin sayang pada menantunya? Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan dan tidak harus terkesan mewah atau memakan biaya banyak. Hal sederhana pun mampu menghangatkan hubungan mertua dan menantu. Apa saja?

  1. 1. Jika tinggal terpisah usahakan sering mengunjunginya
    Sekali-kali menginap di rumah mertua. Agendakan sebulan sekali misalnya untuk menginap di rumah mertua. Jika tidak bisa menginap, seringlah menengok apalagi jika rumahnya tidak terpisah jarak yang jauh.
  1. 2. Membawa oleh-oleh jika menengok mertua
    Setandan pisang ambon atau sekilo jeruk manis dan beberapa makanan kesukaannya cukup membahagiakan orang mertua. Malu dong jika datang dengan tangan kosong. Nah, ada yang luar biasa juga. Sekali-kali, kita datang sendiri tanpa direncana, misal mampir dalam suatu perjalanan, lalu membawa oleh-oleh kesukaan mertua. Wow … surprise sekali. Pasti mertua akan tersentuh.
  1. 3. Tidak membebani pengasuhan anak kepada mertua
    Bukan waktunya lagi mertua mengasuh anak cucunya. Sekarang waktunya mertua beristirahat dan mempersiapkan “masa depan”.
  1. 4. Sesekali berilah uang kepada mertua
    Pernah mencoba? Kalau belum segera cobalah. Anda akan melihat ekspresi yang sangat menyenangkan. Catat ya, walauapun mertua kita mampu dan punya uang, tetap kita harus memberinya, seberapa pun kita punya. Itu sebagai bentuk perhatian kita. Mertuanya akan sangat senang, apalagi ketika mereka memang membutuhkan uang. Kapan waktu yang tepat untuk memberi? Bisa menjelang hari raya sebagai THR. Atau bisa ketika menerima gaji ke-13 bagi yang berprofesi sebagai PNS.
  1. 5. Mengajak bincang-bincang dan mendengarkan cerita mertua
    Banyak orang tua yang kesepian. Biasakan mengajaknya bincang-bincang atau mendengarkan cerita masa lalunya, pastilah mertua akan semakin sayang. Bercerita tentang masa kecilnya, atau “kenakalannya” waktu remaja, cerita tentang proses pernikahannya, pengasuhan anak-anaknya, kenakalan anak-anaknya waktu kecil, sungguh menyenangkan bagi mertua. Bersabarlah jika mertua kita berkali-kali cerita hal yang sama! Pura-pura saja kita belum pernah mendengarnya.
  1. 6. Memijatnya
    Mendengarkan ceritanya sambil memijat kakinya dengan lembut, lalu pindah ke tangan, punggung dan lehernya. Pernah, atau sering? Kalau belum pernah cepat-cepatlah selagi masih ada kesempatan.
  1. 7. Memotong kuku kaki dan tangan mertua
    Nah, ini hobi saya. Bisa jadi saya jadi menantu kesayangan karena sering memotong kuku kaki dan tangan mertua. Dulu, nenek suami masih ada saya sering juga memotong kukunya. Sederhana tapi sungguh kutahu, mertua saya senang.
  1. 8. Menemani jalan-jalan dan mengunjungi teman lamanya
    Salah satu kebahagian orang tua adalah bertemu kembali dengan teman lama atau saudara-saudaranya di kampung halaman. Antarlah, luangkan waktu.
  1. 9. Selalu siap jika dimintai tolong mertua
    Suami teman saya menjadi menantu kesayangan karena selalu siap jika dimintai tolong mertua. Tidak ada kata lain selain siap.
  1. 10. Tidak membantah mertua
    Boleh beda pendapat tetapi sampaikan dengan cara yang baik. Jangan membantah secara vulgar, karena akan menyakitkan hati mertua kita.
  1. 11. Menjadi seperti anak sendiri jika di rumah mertua
    Mertua sangat senang jika menantunya tidak usah ditawari berkali-kali untuk makan dan makan apa saja dengan lahap masakan mertua. Pokoknya seperti di rumahnya sendiri. Suami saya biasa membuka tutup makanan di meja ketika baru datang saat ibu belum menawarinya. Seperti di rumahnya sendiri.
  1. 12. Menyayangi keponakan, atau cucu-cucu mertua
    Sayangilah mereka karena mereka juga cucu kesayangan mertua kita. Jangan pilih kasih.
  1. 13. Menunjukkan kasih sayang kepada suami/istri di hadapan mertua.
    Jangan malu, tunjukan kasih sayang pada anak mertua. Misal, merangkul istri, menyanjung kecantikan atau kebaikan istri di hadapan mertua. Sebaliknya, sebagai istri, tunjukkan bahwa kita menyayangi dan menghormati  atau sesekali memanjakan anak laki-lakinya. Mengambilkan sepiring nasi, membuatkan secangkir kopi, merapikan rambut atau pakaiannya dan seterusnya. Insya Allah ibu mertua akan semakin sayang pada menantunya.

Demikian, tiga belas tips agar semakin disayang mertua. Mudah dan sederhana. Selamat mencoba!

*Penulis adalah peserta Wonderful Writing Class yang diampu oleh Ust. Cahyadi Takariawan dan tim.