HomeParentingTips Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Buah Hati
sekolah

Tips Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Buah Hati

Parenting 0 0 likes 322 views share

Oleh: Purwaningsih*

Tahun ajaran baru masih beberapa bulan lagi, tetapi sekolah-sekolah swasta sudah memulai memasang spanduk pengumuman penerimaan murid baru. Bahkan beberapa sekolah sudah membuka pendaftaran sejak akhir tahun kemarin. Bagaimana dengan bapak ibu semua apakah sudah mendapatkan sekolah untuk sang buah hati? Dalam tulisan ini saya akan berbagi tips mengenai cara memilih sekolah yang baik.

Pertama, banyak bertanya dan berdiskusi dengan teman atau tetangga kita tentang sekolah yang akan kita pilih. Siapa tahu mereka mempunyai pengalaman menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut, atau setidaknya mempunyai informasi mengenai sekolah tersebut.Sedikit banyak informasi mereka pasti akan membantu kita dalam mengambil keputusan.

Kedua, datangi sekolah dan gali informasi dari sekolah. Perhatikan apakah para karyawan dan guru semua ramah, welcome dan memberikan informasi yang kita butuhkan dengan sabar. Jika guru atau karyawan kurang ramah dan tidak melayani kita dengan baik berarti kita perlu mempertimbangkan lagi keputusan untuk menyekolahkan anak kita disitu. Karena jika dengan tamu saja mereka tidak ramah bagaimana dengan anak-anak  yang bersekolah disitu?

Ketiga, ketika ada kesempatan untuk bertanya dengan pihak sekolah, perhatikan apakah mereka lebih banyak membicarakan administrasi atau membicarakan komitmen bekerja sama dalam mendidik anak. Kita harus mempertimbangkan kembali keputusan kita untuk menyekolahkan anak kita di sekolah yang hanya fokus pada administrasi saja. Jika sekolah terlalu fokus pada administrasi biasanya mereka kurang maksimal dalam memperhatikan kualitas pendidikan anak. Selanjutnya tanyakan juga visi misi sekolah dalam mendidik anak, apakah visi misi sekolah sejalan dengan visi misi kita dalam menyekolahkan anak.

Keempat, tanyakan kegiatan ekstrakurikuler serta komunitas apa saja yang tersedia. Jika di sekolah tersedia banyak pilihan kegiatan ekstrakurikuler maka akan banyak pilihan untuk mengembangkan bakat dan minat anak-anak kita.

Kelima, perhatikan kebersihan kelas dan terutama toiletnya. Biasanya kebersihan toilet bisa dijadikan ukuran kepedulian pihak pengelola sekolah terhadap kebersihan sekolah secara keseluruhan. Perhatikan juga perbandingan jumlah toilet dengan jumlah siswanya.

Keenam, perhatikan apakah sekolah membiarkan pedagang-pedagang makanan dari luar bebas berjualan di lingkungan sekolah. Jika sekolah membiarkan pedagang bebas berjualan di sekolah maka ini merupakan indikasi sekolah kurang memperhatikan tentang kesehatan siswanya, apalagi sekarang banyak pedagang yang menjajakan makanan yang berpotensi mengandung bahan berbahaya.

Jika sekolah menyediakan kantin perhatikan bagaimana kebersihan kantin dan jenis makanan yang dijual. Perhatikan pula perbincangan anak-anak yang sedang berbelanja di kantin, apakah mereka menggunakan bahasa yang sopan atau bahasa kasar dalam berdialog.

Ketujuh, coba datang ke sekolah saat jam pelajaran. Perhatikan wajah anak-anak yang sedang belajar, apakah mereka terlihat bersemangat, atau malah lesu tidak bersemangat. Perhatikan cara penyampaian guru dalam mengajar. Pastikan juga kita akan memiliki akses untuk berkomunikasi dengan guru yang mengajar jika kita telah menyekolahkan anak kita di sekolah tersebut.

Kedelapan, jangan lupa menanyakan masalah biaya. Ini adalah hal yang tidak bisa kita lupakan. Kita harus mengukur kemampuan kita. Jangan sampai kita memaksakan diri untuk mengeluarkan biaya yang sangat tinggi tetapi hasil yang kita dapatkan tidak sepadan dengan biaya yang kita keluarkan. Jangan terlalu terpaku dengan fasilitas sekolah yang wah tetapi kualitas pengajarannya kurang bagus.

Demikian tips-tips untuk mencari sekolah yang baik. Tepat dalam memilih sekolah akan menentukan masa depan buah hati kita. Selamat mencari sekolah untuk buah hati!

 

ilustrasi : inibalikpapan.com

*Penulis merupakan ibu rumah tangga sekaligus PNS yang suka menulis. Dapat ditemui di Twitter @pur_1ningsih atau Facebook purwaningsih.arisandi